8/26/2008

MADING





KATA PENGANTAR

Sebagai langkah awal Akses Informasi Pendidikan dan Sumber Bahan Pembelajaran, kami akan menampilkan beberapa mading untuk menyampaikan kesan dalam beberapa bentuk karya-karya dalam 1 tahun penyelenggaran kegiatan belajar-mengajar, Pameran hasil karya anak, Ekstra kurikuler, dan Perpustakaan di SDN Wangkal II.

Menurut pengertian kami kata mading sebagai kata independent yaitu media yang bisa menyampaikan pesan apa saja dalam bentuk apa saja . Tidak ada batasan bentuk, warna dan cara untuk menyampaikan pesan tersebut.

Kami berharap Informasi ini bisa memberi inspirasi untuk berkarya dan membebaskan diri dari batasan - batasan yang selama ini dianggap mengekang .

Kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan selama kurun waktu 1 tahun dapat digambarkan sebagai berikut :

A. Proses Belajar Mengajar (PBM)

Proses dikatakan bermutu apabila pengkoordinasian dan penyerasian serta pemaduan input sekolah dilakukan secara harmonis sehingga menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan,mampu mendorong motivasi dan minat belajar dan mampu memperdayakan peserta didik

Gambaran kegiatan belajar mengajar dikelas sebagai berikut :

1. Kelas I (Tema : Keluarga)









2. Kelas II (Tema : Pertumbuhan Tumbuhan)








3. Kelas III (Tema : Makhluk Hidup (tumbuhan) memerlukan sinar matahari)









4. Kelas IV (Tema : Tumbuhan / hubungan antara bunga beserta fungsinya)









5. Kelas V (Tema : Operasi Hitung )








6. Kelas VI (Tema : luas segi banyak sederhana, lingkaran dan volum prisma )









B.
PameranHasil Karya Anak

Pameran ini terinspirasi dari guru-guru di SD Negeri

Wangkal II yang mempunyai gagasan untuk memamerkan hasil karya anak dengan melibatkan paguyuban wali murid masing-masing kelas. Kegiatan ini dilaksanakan setiap akhir tahun dengan menampilkan hasil karya anak mulai kelas I s.d VI. Untuk tahun pelajaran 2007-2008 Pameran Hasil Karya Anak dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 25 Juli 2008 dimulai jam 14.00 WIB s.d 17.30 WIB bertempat di halaman SDN Wangkal II. Pembukaan Kegiatan Pameran Hasil Karya Siswa tahun Pelajaran 2007-2008 dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo yaitu Bapak Drs.Supanut yang sekaligus membuka dan memberiakn sambu

tan.

C. PSM

Partisipasi warga sekolah dan masyarakat merupakan kataristik SDN Wangkal II. Dengan keyakinan "makin tinggi tingkat partisipasi, makin besar rasa memiliki. Makin besar rasa memiliki, makin besar pula rasa tanggung jawab. Dan makin besar tanggung jawab, makin besar pula tingkat dedikasinya.

Kegiatan PSM antara lain :

  • Penetapan RAPBS dan Program Sekolah
  • Kebijakan keber hasilan pelaksanaan UASBN
  • Paguyuban Kelas
  • Lomba Kebersihan antar kelas / antar paguyuban
  • Lomba Stand Pameran Hasil Karya Anak antar paguyuban
  • Lomba Voli ball antar paguyuban








D.
Ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah dilakukan baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan tujuan memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat, serta melengkapi upaya pembinaan siswa seutuhnya.

  • Drumband







  • Band dan Samroh

  • Pramuka











  • Olahraga









  • Komputer






  • Baca Al- Qur’an / Tartil dan Qiro’ah

E. Perpustakaan

Perpustakaan dimanfaatkan untuk tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid- murid dan berfungsi sebagai sumber informasi, sumber pengetahuan, sumber belajar dan sumber hiburan berupa bahan bacaan.

Kegiatan – kegiatan Perpustakaan :









F.
Pengkoordinasian

  • Hal ini dilakukan oleh Kepala Sekolah melalui pembinaan kerja sama antar guru dan antara guru dengan pihak-pihak luar yang terkait
  • Melalui bimbingan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo yang melakukan pembinaan intensif pada Kepala Sekolah, Guru-guru , TU dan Penjaga sekolah.











    PENUTUP

Berbagai jenis kegiatan sudah kami tampilkan, ini merupakan tahap permulaan. Koleksi mading bisa berkembang sesuai dengan meningkatnya kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah.

Harapan kita bersama semoga koleksi mading dapat menjadi landasan yang kuat dalam penyusunan mading berikutnya.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati kami menutup koleksi mading dengan harapan mudah - mudahan semua pihak dapat menyampaikan saran, pendapat dan kritik yang konstruktif.

2 komentar:

  1. Tampilan sudah bagus.Madingnya sudah bagus

    BalasHapus
  2. wah,lebih dari yang saya bayangkan, ternyata kami sudah kalah jauh.mohon infonya lebih lanjut soal mading dan kegiatan pbmnya,terima kasih.

    BalasHapus